Sabtu, 28 April 2012

PENILAIAN THL-TBPP TELADAN TINGKAT NASIONAL

Pemenuhan kebutuhan pangan sebagai salah satu peran strategis sektor pertanian merupakan tugas yang tidak ringan sehingga Kementerian Pertanian menempatkan beras, jagung, kedelai, daging sapi dan gula menjadi komoditas pangan utama yang diberikan perhatian secara khusus dalam pencapaian target swasembada dan swasembada berkelanjutan. Target pencapaian swasembada berkelanjutan untuk komoditi beras sebesar 70,60 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) merupakan upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional yang akan bermuara pada stabilitas ekonomi, politik dan sosial. Pencapaian swasembada berkelanjutan khususnya di sub sektor Tanaman Pangan sangat dipengaruhi dan rentan terhadap fenomena variable dan perubahan iklim, sehingga diperlukan antisipasi untuk mencapai target tersebut. Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TB Penyuluh Pertanian), mempunyai peranan yang strategis dalam pencapaian 4 (empat) sukses pembangunan pertanian melalui pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha.
Untuk itu, penyuluh pertanian khususnya THL-TB Penyuluh Pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian perlu ditingkatkan kompetensinya dalam mengawal program tersebut.
Saat ini Kementrian Pertanian RI  sedang melakukan seleksi THL-TB Penyuluh Pertanian Teladan Tingkat Nasional, yaitu bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah dan pemerintah daerah atas prestasi kerja THL-TBPP sebagai mitra kerja Penyuluh Pertanian PNS di bidang penyuluhan pertanian di perdesaan.
Mudah-mudahan ini dapat memberikan motivasi terhadap THL-TB Penyuluh Pertanian untuk berprestasi di bidang pembangunan pertanian melalui kegiatan penyuluhan pertanian.

3 komentar: